Kelompok Keahlian

Kelompok Keahlian

Untuk menuju keunggulan riset institusi, Fakultas Sekolah Teknologi Elektro dan Informatika membutuhkan tenaga pengajar yang unggul di bidangnya untuk merintis terbentuknya pusat-pusat studi/riset. Dengan beragamnya bidang ilmu yang dimiliki oleh para dosen, maka dibentuklah sebuah wadah untuk mengembangkan keilmuan yang serumpun yakni Kelompok Keahlian. Kelompok Keahlian diharapkan dapat menjadi upaya untuk menguatkan keilmuan dan keahlian institusi di bidang Elektro dan Informatika.

Teknik Biomedis

Fisika biomedis, transduser biomedis dan instrumentasi, desain dan proyek sistem biomedis, peralatan & teknik pencitraan medis, sistem telemedicine, Pencitraan & Pengolahan Gambar biomedis, Biomedis Informatika & Telemedicine, Biomedis & Teknik Rehabilitasi, Biomaterial & Sistem Pengiriman Obat.

Teknik Komputer

Arsitektur Komputer, Komputer Paralel dan Terdistribusi, Komputasi Pervasif, Jaringan Komputer, Sistem Tertanam, Interaksi Manusia-Komputer, Virtual / Augmented Reality, Keamanan Komputer, VLSI Design-Network Traffic Modeling, Performance Modeling, Dependable Computing, High Performance Computing, Computer Security.

Sistem Kendali dan Komputer

Kontrol Optimal, Kuat dan Adaptif, Kontrol Non Linear dan Stochastic, Pemodelan dan Identifikasi, Robotika, Kontrol Berbasis Gambar, Kontrol Hibrid dan Switching, Optimasi dan Penjadwalan Proses, Sistem Kontrol dan Cerdas, Sistem Kecerdasan Buatan dan Pakar, Logika Fuzzy dan Jaringan Saraf Tiruan, Sistem Adaptif Kompleks.

Teknik Ketenagalistrikan

Pembangkit Listrik, Transmisi dan Distribusi, Elektronika Daya, Kualitas Daya, Ekonomi Daya, FAKTA, Energi Terbarukan, Traksi Listrik, Kompatibilitas Elektromagnetik, Material Teknik Elektro, Teknologi Isolasi Tegangan Tinggi, Peralatan Tegangan Tinggi, Deteksi dan Perlindungan Petir, Analisis Sistem Tenaga, SCADA, Pengukuran Listrik.

Elektronika

Mempelajari Sistem Mikroelektronik, Material Elektronik, Perancangan dan Implementasi Application Specific Integrated Circuit (ASIC), System-on-a-Chip (SoC) dan Instrumentasi Elektronik Menggunakan Alat CAD.

Informatika

Mesin Pencari Informasi, Keamanan Multimedia, Visi Komputer, Pengambilan Informasi, Sistem Cerdas, Sistem Komputasi Terdistribusi, Pemrosesan Seluler, Generasi Jaringan Berikutnya, Keamanan Jaringan Komputer, Pemrosesan Bahasa Alami, Proses Bisnis, Sistem Kognitif.

Teknologi Informasi

Pemrosesan Sinyal Digital, Antarmuka Manusia-Mesin, Sistem Stochastic, Teori Informasi, Sistem Cerdas, Tata Kelola TI, Teknologi Jaringan, Teknologi Komunikasi Optik, Media Generasi Berikutnya, Instrumentasi Robotik.

Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengetahuan

Rekayasa Perangkat Lunak (Perangkat Lunak: Siklus Hidup, Manajemen, Proses Rekayasa, Alat dan Metode Teknik), Pemrograman (Metodologi dan Paradigma Pemrograman), Rekayasa Data (Pemodelan tingkat Data dan Pengetahuan, praktik Manajemen Informasi (DB), Sistem Manajemen Berbasis Pengetahuan, Penemuan Pengetahuan di Data)

Teknik Telekomunikasi

Antena dan Propagasi Gelombang, Modulasi dan Pemrosesan Sinyal untuk Telekomunikasi, Komunikasi Nirkabel dan Seluler, Teori dan Pengkodean Informasi, Komunikasi Elektronik dan Gelombang Mikro, Pemrosesan Citra Radar Interferometri, Platform Distribusi, Jaringan dan Sistem Komunikasi, Layanan Telematika, Jaringan Keamanan, Komunikasi Radio.